Pengantar :selamat datang sobat, ucapan syukur semoga selalu terpanjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan seru semesta alam. Maha Pencipta yang menciptakan kita dari ketiadaan. Sang Maha Agung dan Maha Besar. Tuhan pemberi kita kekuatan dan pengetahuan. ingatlah, asal muasal kita, tercipta dengan kelemahan dan kekurangan, kemudian diberikannya kita kekuatan, diberikannya kita kecerdasan dan ilmu pengetahuan, diberikannya kita rizki, diberikannya kita derajad yang tinggi, dan diberikannya kita nikmat iman, yang semoga tetap menancap dihati hingga raga ini berpisah dengan ruh . . . ..........
Home » » Momentum Sudut

Momentum Sudut

Written By Unknown on Selasa, 10 Desember 2013 | 06.13

pernahkah kamu mengamati gerak baling-baling kipas angin yang berputar? ketika kipas angin itu kita toleh-tolehkan (menggerakan ke kanan atau ke kiri) ada yang aneh dengan posisi baling-balingnya, yaitu seakan ada suatu gaya yang menekan poros kipas ke dalam atau ke luar. gejala ini berkaitan dengan momentum putar (sudut)

ingin tau bagaimana, fenomena adanya momentum sudut,. lihat saja video di bawah ini



contoh lain



momentum sudut adalah momen yang dimiliki oleh benda yang bergerak melingkar, 

roda sepeda tersebut dapat berputar meskipun, hanya ditahan oleh satu tali pada salah satu sisi poros roda, hal ini dikarenakan, ada momentum sudut dari putaran roda yang menahan posisi roda pada sisi poros lainnya.



Oleh karena p=m.v dan v=ω.r, dengan ω adalah kecepatan sudut maka besarnya momentum sudut terhadap sumbu putarnya, yaitu:

L=m.v.r

L=m.r2. ω

apabila jari-jari putarannya kita perkecil, maka kita akan mendapatkan putaran yang lebih cepat. seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.



Share this article :

2 komentar:

  1. materinya menarik contoh videonya juga. tapi yang paling menarik 2 cewek di bawah itu... =D

    BalasHapus
  2. hmm, berarti teori momentum sudut tersebut digunakan pada olahraga balet ataupun ice skating ketika melakukan gerakan-gerakan memutar..

    BalasHapus

 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. belajar fisika mudah bagi yang punya keinginan.... ! - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Bojonegoro Template