Pengantar :selamat datang sobat, ucapan syukur semoga selalu terpanjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan seru semesta alam. Maha Pencipta yang menciptakan kita dari ketiadaan. Sang Maha Agung dan Maha Besar. Tuhan pemberi kita kekuatan dan pengetahuan. ingatlah, asal muasal kita, tercipta dengan kelemahan dan kekurangan, kemudian diberikannya kita kekuatan, diberikannya kita kecerdasan dan ilmu pengetahuan, diberikannya kita rizki, diberikannya kita derajad yang tinggi, dan diberikannya kita nikmat iman, yang semoga tetap menancap dihati hingga raga ini berpisah dengan ruh . . . ..........
Home » » Momen inersia dan Torsi pada Sepeda Hibrida

Momen inersia dan Torsi pada Sepeda Hibrida

Written By Unknown on Senin, 23 Desember 2013 | 02.14

pernahkah kamu menjumpai gasing?

.
tahukah kamu bagaimana cara supaya suatu gasing putarannya dapat bertahan lama?
beberapa cara yang dapat kita lakukan yaitu:

1. memperlebar sayap gasing ( memperlebar jari-jari penampang gasing)
2. memperbesar massa gasing

tentu suatu roda dengan massa besar yang berputar akan lebih sulit dihentikan daripada roda yang ringan..pada roda berjari-jari lebar, kecepatan gerak pada keliling roda tentu lebih besar daripada roda berjari-jari kecil. sehingga roda dengan jari-jari lebar juga akan lebih sulit dihentikan dari roda berjari-jari kecil..



cara lain yang dapat kita lakukan yaitu mengkonsentrasikan sebagian besar massa gasing pada keliling gasing... 


Prinsip gasing tersebut digunakan untuk membuat inovasi pada sistem kerja sepeda kayuh yang selama ini kita pakai. Tayangan video dibawah ini menunjukkan penerapan adanya kelembaman benda yang berputar (kecenderungan benda untuk terus berputar)



kelembaman tersebut dalam bidang keilmuan disebut sebagai MOMEN INERSIA. Momen inersia (I) hanya dimiliki oleh suatu benda yang berputar yang besarnya bergantung pada massa benda (m) dan jarak pusat massa benda terhadap sumbu putarnya (R). 


dengan dm adalah tinjauan massa benda secara kecil.

Berikut adalah rumus momen inersia beberapa benda tegar homogen. (benda tegar adalah benda yang tidak mengalami perubahan bentUk ketika dikenai suatu gaya, sedangkan kata homogen bermakna massa jenis pada setiap bagian benda tersebut besarnya sama).

Momen-inersia-10Momen-inersia-11Momen-inersia-12Momen-inersia-13





Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. belajar fisika mudah bagi yang punya keinginan.... ! - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Bojonegoro Template