Pengantar :selamat datang sobat, ucapan syukur semoga selalu terpanjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan seru semesta alam. Maha Pencipta yang menciptakan kita dari ketiadaan. Sang Maha Agung dan Maha Besar. Tuhan pemberi kita kekuatan dan pengetahuan. ingatlah, asal muasal kita, tercipta dengan kelemahan dan kekurangan, kemudian diberikannya kita kekuatan, diberikannya kita kecerdasan dan ilmu pengetahuan, diberikannya kita rizki, diberikannya kita derajad yang tinggi, dan diberikannya kita nikmat iman, yang semoga tetap menancap dihati hingga raga ini berpisah dengan ruh . . . ..........
Home » » listrik statis generator van de graff

listrik statis generator van de graff

Written By Unknown on Jumat, 14 Desember 2012 | 16.10

Tahukah kamu apa yang sedang dialami oleh anak perempuan pada gambar disamping  ?
lihatlah, helaian rambut anak ini berdiri karena ingin menjauh satu sama lain. peristiwa ini disebabkan adanya muatan sejenis yang terinduksi pada helaian rambut. Fisika mengenal adanya gaya tolak antar muatan sejenis dan gaya tarik menarik jika muatannya berlawanan jenis. sekarang yang menjadi pertanyaan adalah dari mana induksi muatan ini timbul. Alat yang sedang dia pegang adalah Sebuah “generator Van de Graff”. Generator ini membangkitkan muatan, kemudian muatan ini di induksikan pada seluruh tubuh anak, begitupun pada helaian rambutnya. Generator Van de Graff terdiri atas kubah logam, sisir logam bawah dan atas, silinder logam di bagian atas dan silinder politena di bagian bawah, dan sabuk karet yang menghubungkan silinder logam dan silinder politena.
Prinsip kerja “generator Van de Graff” sama halnya dengan saat kita menggosok penggaris mika, setelah itu ia dapat menarikserphan kertas. sedangkan yang terjadi pada generator, ketika arus listrik mengalir dan menggerakkan motor generator, silinder politena berputar kemudian menggerakkan sabuk karet. Gesekan antara sabuk karet dan silinder politena menyebabkan terjadinya perpindahan muatan, sabuk karet menjadi bermuatan positif. Sabuk karet kemudian membawa muatan listrik positif dan sisir logam bawah menuju sisir logam atas yang diteruskan ke kubah. Jadi, kubah menjadi bermuatan positif karena muatan negatif kubah akan tertarik ke sabuk karet untuk menetralkan muatan positif. Sabuk karet terus bergerak ke bawah lagi dan mengalami gesekan kembali.
Proses ini berlangsung terus menerus sehingga kubah mengumpulkan muatan listrik positif dalam jumlah yang banyak. Pada gambar di atas terlihat bahwa muatan listrik negatif pada sabuk karet bawah mengalir melalui sisir logam bawah ke tanah dan dinetralkan. Generator ini dapat menghasilkan tenaga listrik sampai dua juta volt. Apabila kubah generator ditanahkan, akan terlihat percikan kecil seperti kilat kecil. Kita juga dapat merasakan kekuatan listrik ini dengan menerima muatan dari generator pada saat menyentuh kubahnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. belajar fisika mudah bagi yang punya keinginan.... ! - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Bojonegoro Template